Pakaian Rajut Rajutan dalam Sejarah

Add a review
Pakaian rajut ternyata sudah ada sejak 1916, desain berkembang dan tetap menjadi trend sampai saat ini. Baca artikel lengkapnya di bawah..menarik gan....

Descriptions

Cukup wow menurut saya gan, ternyata rajut sudah ada dari tahun 1916 (tahun enambelas), dijamin kakek nenek agan belum ada dech. Menurut sumber, Coco Channels sudah memakai pakian dari bahan rajut jenis "Jersey" untuk setelannya pada tahun itu. Siapa Choco Chanel? Choco Chanel adalah salah satu desainer kenamaan di dunia fashion pada tahun 1900-an. pada tahun 1916 itulah perusahaan ini menggunakan kain rajut di produknya, yang diyakini sebagai cikal bakal rajut rajutan yang ada saat ini. Dan saat itu sweater bahan rajut menjadi sangat terkenal di kalangan wanita moderat, bahkan desainer terkenal dari Prancis menggunakan rajut dengan corak warna-warna blok untuk pakaian sport.

Tahun demi tahun fashion bahan rajut semakin terkenal  dan menyebar di seluruh dunia. Pada tahun 1940,  bahan rajut menjadi ikon pakaian sexy kelas dunia dengan cirikhasnya yang elastis sehingga terlihat ketat (pas badan) saat dipakai. Tahun demi tahun, pada 1950 an semakian banyak corak kain rajut bermunculan seiring dengan semakin terkenalnya. 1960 muncul rajut model ZIGZAG yang menawarkan lebih banyak corak warna, dan menjadi sangat terkenal di tahun ini hingga semakin banyak desainer dan orang terkenal yang menggunakan rajut hingga Kennedy.

Tidak diragukan lagi, 1980 an rajut cukup merajai dunia pakaian olah raga dan menguasai dunia model papan atas. Ralp Lauren adalah salah satu nama besar yang merancang busana berbahan rajut model kerah tinggi dan panjang. Ada beberapa nama besar di dunia desainer mode fashion modern diantaranya Diane Von Furstenberg dan James Perse. Sejak 1990 an rajut sudah menjadi pakaian yang mendunia hampir ada di semua belahan bumi. Kita bisa melihat siapapun dan dari kalangan manapun memakai rajut. Kita juga banyak melihat pemeran film Hollywood menggunakan sweater rajut. Lebih banyak lagi jika kita menonton film Korea.

Macam Jenis kain Rajut
Ini juga nggak nyangka saya gan, ternyata kain rajut ada banyak macam jenisnya. Selama ini saya kira rajut ya hanya itu itu saja kainnya. berikut inilah macam jenis rajut; Jersey, Milanese, Power Net, Raschel, Wool Mendidi, Bunting, Rajut Double, Rajut Elastis Empat Arah, Elastis Dua Arah, Interlock, Rib, Single, Stabil, Elastis, Velour Elastis, Sweater, Sweatshirt, dan Tricot

Kelebihan pakaian dari bahan rajut
Pakaian berbahan rajut mempunyai banyak kelebihan, diantaranya karena sifatnya yang elastis pakaian berbahan rajut dapat dengan mudah menyesuaikan bentuk lekuk badan. Hal ini sangat mendukung ketika digunakan untuk produk seperti pakaian dalam, stocking, singlet, tanktop atau boxer dan juga pakaian sexy lainnya. Sifat lebih lentur ini juga memungkinkan pakaian dari rajut lebih jatuh di badan dan tidak mudah mengkerut atau melipat seperti kain woven dan lainnya.

Kelebihan lain kain rajut terletak pada corak yang dapat dihasilkan dari sebuah tenunan rajut. Tenunan rajut memungkinkan untuk membuat corak yang sangat rumit dan unik karena prinsipnya adalah persilangan benang yang berwarna warni. Pada umumnya, kita akan melihat banyak pakaian yang didesain untuk menghangatkan badan menggunakan bahan rajut, seperti sweater dan jaket. Jaman dulu kita mengenal ada istilah "baju hangat" yang maksudnya adalah sweater. Beberapa orang juga menyebutnya dengan "switer" atau "sweeter". Karena fungsinya yang menghangatkan itulah pakaian rajut banyak kita temui di negara-negara yang mempunyai iklim salju.

Khusus di Indonesia, meskipun tidak mempunyai musim yang banyak turun salju, juga banyak kita temui produk pakaian rajut ini. Hawa dingin di waktu malam hari, terlebih di daerah pegunungan yang notabene mendominasi wilayah negara ini, tentu sweater atau pakaian rajut menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk menghalau hawa dingin.

Desain rajut modern
Bicara soal desain rajut, dari foto-foto sweater yang saya panteng, kelihatannya tidak ada perubahan desain yang cukup signifikan, bahkan sejak 1940 an. Tapi meskipun demikian, model yang sangat mirip pada tahun bahula itu tetep saja pantes dipakai di tahun 2015 ini. Dan yang pasti lagi, saat ini desain pakaian dari bahan rajut sudah mencakup hampir semua jenis pakaian. Bukan melulu pakaian dalam atau pakaian olah ragam kain rajut juga digunakan pada blazer, setelan kantor, jaket hoodie, tuxedo bahkan sampai blouse hingga gamis. Model dan corak juga semakin variatif dan cantik.
Itulah gan sekilas tentang rajut dan rajutan yang saya ambil dari berbagai sumber.

Sumber:
en.wikipedia, Google, Vargas, Whitney. "Knitting Circle." Elle (Sept 2007): p192, Designer Von Furstenberg sues Target over dress U.S. Reuters, Claire Shaeffer's Fabric Sewing Guide. Radnor, PA: Chilton Book Company. ISBN 0-8019-7802-5.

sweater jadul kuno wanita cantik
sweater rajut anak kuno jadul

sweater kuno jadul pria


sweater keren trend dari tahun 1900 an

Similar Products

4614252119365024777

Add a review